Wednesday, May 7, 2014

ASAL MULA ACEH DISEBUT SERAMBI MEKKAH

Posted by helmi darisman On Wednesday, May 07, 2014 | 56 comments


Pada abad ke 15 M, Aceh pernah mendapat gelar yang sangat terhormat dari umat Islam nusantara. Negeri ini dijuluki “Serambi Mekkah” sebuah gelar yang penuh bernuansa keagamaan, keimanan, dan ketaqwaan. Menurut analisis pakar sejarawan, ada 5 sebab mengapa Aceh menyandang gelar mulia itu. 

Pertama, Aceh merupakan daerah perdana masuk Islam di Nusantara, tepatnya di kawasan pantai Timur, Peureulak, dan Pasai. Dari Aceh Islam berkembang sangat cepat ke seluruh nusantara sampai ke Philipina. Mubaligh-mubaligh Aceh meninggalkan kampung halaman untuk menyebarkan agama Allah kepada manusia. Beberapa orang di antara Wali Songo yang membawa Islam ke Jawa berasal dari Aceh, yakni Maulana Malik Ibrahim, Sunan Ngampel, dan Syarif Hidayatullah.

Peta Kuno Samudra



Kedua, Daerah Aceh pernah menjadi kiblat ilmu pengetahuan di Nusantara dengan hadirnya Jami’ah Baiturrahman (Universitas Baiturrahman) lengkap dengan berbagai fakultas. Para mahasiswa yang menuntut ilmu di Aceh datang dari berbagai penjuru dunia, dariTurki, Palestina, India, Bangladesh, Pattani, Mindanau, Malaya, Brunei Darussalam, dan Makassar.

Jami’ah Baiturrahman (Universitas Baiturrahman)


Ketiga, Kerajaan Aceh Darussalam pernah mendapat pengakuan dari Syarif Makkah atas nama Khalifah Islam di Turki bahwa Kerajaan Aceh adalah “pelindung” kerajaan-kerajaan Islam lainnya di Nusantara. Karena itu seluruh sultan-sultan nusantara mengakui Sulatan Aceh sebagai “payung” mereka dalam menjalankan tugas kerajaan. 

Kerajaan Aceh Darussalam


Keempat, Daerah Aceh pernah menjadi pangkalan/pelabuhan Haji untuk seluruh nusantara. Orang-orang muslim nusantara yang naik haji ke Makkah dengankapal laut, sebelum mengarungi Samudra Hindia menghabiskan waktu sampai enam bulan di Bandar Aceh Darussalam. Kampung-kampung sekitar Pelanggahan sekarang menjadi tempat persinggahan jamaah haji dulunya.

Pelabuhan Haji


Kelima, Banyak persamaan antara Aceh (saat itu) dengan Makkah, sama-sama Islam, bermazhab Syafi’i, berbudaya Islam, berpakaian Islam, berhiburan Islam, dan berhukum dengan hukum Islam. Seluruh penduduk Makkah beragama Islam dan seluruh penduduk Aceh juga Islam.

Orang Aceh masuk dalam agama Islam secara kaffah (totalitas), tidak ada campur adukantara adat kebiasaan dengan ajaran Islam, tetapi kalau sekarang sudah mulai memudar.



Memang mendengar kata serambi mekkah, mungkin sudah tidak asing lagi dibenak kita, namun tahukah anda siapa yang pertama sekali memberi sebutan aceh dengan nama serambi mekkah ?
 
1. apakah si bapak presiden pertama indonesia,soekarno?
2. apakah b.j habibie ? 
3. atau para pejuang lainnya yang berasal dari aceh, teuku umar misalnya ?

sebutan ''Serambi mekkah'' semuanya berawal ketika sang penjaga makam nabi Muhammad SAW yang bernama Syekh Ismail, beliau juga masih keponakan nabi. suatu malam beliau bermimpi bertemu Rasulullah, dan rasulullah berpesan kepadanya 

"wahai saudaraku,ambillah 5 pucuk surat yang ada di dalam ka'bah,dan carilah siapa anak manusia yang bisa membaca dan memberi makna akan isi surat tersebut"

kira kira seperti itulah percakapan mereka, lantas beliau tidak begitu saja percaya dengan mimpi tersebut, malam besoknya beliau kembali bermimpi seperti semula, dan terus berlanjut hingga ketiga kalinya, akhirnya beliau memutuskan untuk bertanya pada para sahabat dan ulama ulama disana tentang kebenaran mimpi tersebut, yang ditanyapun menyarankan agar beliau segera melaksanakan apa yang di perintahkan oleh Rasulullah, akhirnya beliau pergi menjelajahi semua benua di dunia ini, dari afrika ke amerika, dari amerika ke eropa dan terus berlanjut kebenua benua yang lainnya,

Perlu diingat saat hendak berkelana menjadi musafir ke seluruh dunia beliau saat itu berumur 20 tahun, tidak ada satu anak manusiapun yang bisa membaca surat dari dalam ka'bah yang ditulis oleh Rasulullah tersebut, setiap orang yang ditemuinya ia jelaskan maksud kedatangannya dan ia suruh baca dan artikan surat tersebut, namun tak ada satupun anak manusia yang bisa membacanya. 

Beliau hampir putus asa, dan suatu ketika beliau hendak kembali ke negerinya, di saat hendak naik ke kapal di dekat perairan selat malaka, pada saat itu selat malaka masih dalam kekuasaan kerajaan Aceh, beliau bertemu seorang pemuda yang sangat gagah perkasa, beliau bertanya asal usul pemuda tersebut dan menjelaskan maksud pengembaraan beliau yang saat itu beliau sudah menginjak tahun yang ke 80.

Saat itu beliau kira kira sudah berumur 100 tahun, kemudian sang pemuda mencoba membaca dan mengartikan makna dari isi surat - surat tersebut, alangkah terkejutnya syekh ismail ketika mendengar si pemuda tersebut dengan lancarnya menerjemahkan isi dari surat - surat yang di titipkan Rasulullah, lalu beliau bertanya siapa nama si pemuda tersebut, ya dialah MEURAH SILEU. atau bila diartikan dalam bahasa indonesia berarti merah silau, yang kini lebih di kenal dengan nama MAULANA MALIK IBRAHIM. dan lebih di kenal lagi dengan nama MALIKUSSALEH. dia lah pemuda yang gagah perkasa yang bukan hanya mengandalkan ketampanannya saja, tapi ia bisa membaca dan mengartikan surat penting dari Rasulullah SAW. Sungguh membanggakan, jadi bukan sembarangan orang yang memberi nama aceh serambi mekkah, tetapi nabi muhammad SAW sendiri yang memberi nama mulia tersebut, ini semua terlepas dari pro dan kontra di kalangan masyarakat kita, tetapi saat ini pantaskah aceh yang sekarang masih disebut dengan serambi mekkah karena dilihat dari merosotnya moral di sebagian masyarakat dan kalangan muda.

sumber :

1.  khatib lebaran idul fitri mesjid aree. di garot, sigli.
2. Tgk abdul aziz syah, Dakwah islam Maulid Nabi Muhammad SAW. di Lambunot, Aceh Besar .

56 comments:

  1. tanoh atjeh lon sayang seuramo meukah teumpat lon lahee hudep sampo mate..

    ReplyDelete
  2. Meu ulang ulang loen deungoe dakwak tgk Abdul Aziz nyan, tapi sayang jinoe kagadoeh gara2 instal ulang HP..pat toh na dari ureung droe neuh, tuloeng kirem siat. Trimong geunaseh.

    ReplyDelete
  3. Yayaya... Dari penjelasan dan paparan sungguh sangat mengesankan.. Sangat cocok dan tepat kalo 5 alasan du atas aceh di juluki serambi mekkah.

    Tp maaf bgt da yg ganjil.. Yg ganjil itu ya ttg surat yg di tulis Nabi Rasulullah..
    Ganjil yg pertama ; semua ulama sepakat, dan dlm berbagai riwayat pun tertulis.. Bahkan Allah meyebutkan dlm Alquran bahwasanya Rasulullah seorang yg tidak bisa baca tulis.. Bagaimana cerita a Nabi bisa nulis surat..
    Kedua. Bila ada.. Sungguh di sayangkan sahabat Abu Bakr, Umar, Ustman, Ali tdk mengetahuinya.. Bknkah dri 4 shabat Abu Bakr yg pling mengerti ttg perkataan Nabi
    Ketiga. Abad ke 15 udah berganti khalifah, dan Kakbah udh berkali kali di renovasi oleh tiap khalifah.. Knp mereka tdk menemukan..
    Mau gimana coba.. Abeh tp nyata..

    Tapi sy salut kpd yg membuat cerita ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. akhsan...cerita yang diada-adakan...karena sepengetahuan sejarah yang saya baca cikal bakal aceh serambi mekah adalah Syekh Hamzah Fansuri jualah yang menjadi salah satu musabab yang membawa nama Aceh menjadi Serambi Mekah. Hamzah Fansuri As-Singkili tercatat dalam lintasan sejarah peradaban Aceh. Dia merupakan salah seorang sufi sekaligus sastrawan terkemuka yang tiada taranya dalam menulis karya-karya monumental kesusasteraan Melayu. Buku-bukunya sering disebut dalam manuskrip kuno “Sejarah Melayu” seperti “Durrul Manzum” (Benang Mutiara) dan “Al-Saiful Qati” (Pedang Tajam).....wallahualam...

      Delete
    2. Zand zu
      Bila trbaca nabi yg menulis surat,jgan anda telan mntah² bahwa nabi pandai menulis dan membaca,nabi kita tetap "ummi"
      Ibarat kata Allah ,kami ciptakan langit, jd jgn trbayang Allah ciptakn langit perlukan pembantu,
      Kesimpulan,hal² kecil urus sendiri,kita kn org² trpelajar,mga jelas

      Delete
    3. Zand zu
      Bila trbaca nabi yg menulis surat,jgan anda telan mntah² bahwa nabi pandai menulis dan membaca,nabi kita tetap "ummi"
      Ibarat kata Allah ,kami ciptakan langit, jd jgn trbayang Allah ciptakn langit perlukan pembantu,
      Kesimpulan,hal² kecil urus sendiri,kita kn org² trpelajar,mga jelas

      Delete
    4. Zan Zu lu apa cakap, coba pikir2 dulu, nabi pernah membuat perjanjian tertulis dengan kafir Quraisy, bukan masalah siapa yg nulis dan baca, tp pikir2 la, iqra' bacalah, nabi sudah diajarkan, kalau mimpi gua gak mau percaya begitu saja, tp jgn sekali2 anda bilang nabi gak bisa

      Delete
    5. This comment has been removed by the author.

      Delete
    6. Saya pernah mendengar dari dakwah ulama di atjeh, mengatakan bahwa penjaga makam Nabi Muhammad SAW bermimpi disuruh mengambil surat di dalam ka'bah oleh Nabi Muhammad SAW untuk mencari orang yang bisa mengartikan isi surat tsb. Siapa yang bisa mengartikan isi surat itu, maka negerinya akan dinamakan dengan nama serambi mekkah. Menurut isi ceritanya, bisa jadi surat tersebut tidak ditulis oleh Nabi Muhammad SAW, atau pun bisa jadi surat tersebut datangnya langsung dari Allah SWT. Dan melalui mimpi lah untuk mengetahui keberadaan surat tsb, yaitu mimpi syekh ismail yg bertemu dg Nabi SAW.

      Delete
  4. Yayaya... Dari penjelasan dan paparan sungguh sangat mengesankan.. Sangat cocok dan tepat kalo 5 alasan du atas aceh di juluki serambi mekkah.

    Tp maaf bgt da yg ganjil.. Yg ganjil itu ya ttg surat yg di tulis Nabi Rasulullah..
    Ganjil yg pertama ; semua ulama sepakat, dan dlm berbagai riwayat pun tertulis.. Bahkan Allah meyebutkan dlm Alquran bahwasanya Rasulullah seorang yg tidak bisa baca tulis.. Bagaimana cerita a Nabi bisa nulis surat..
    Kedua. Bila ada.. Sungguh di sayangkan sahabat Abu Bakr, Umar, Ustman, Ali tdk mengetahuinya.. Bknkah dri 4 shabat Abu Bakr yg pling mengerti ttg perkataan Nabi
    Ketiga. Abad ke 15 udah berganti khalifah, dan Kakbah udh berkali kali di renovasi oleh tiap khalifah.. Knp mereka tdk menemukan..
    Mau gimana coba.. Abeh tp nyata..

    Tapi sy salut kpd yg membuat cerita ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tulisan tanpa sumber otentik susah dipercaya. Apalagi bawa2 nama penjaga makam nabi. Ada cerita sebelumnya juga tentang penjaga makam nabi mengenai hari kiamat, ternyata hoax, nggak ada nama tsb. Segala sesuatu yg menyangkut nama nabi tanpa sumber dusta mohon diteliti ulang, jangan sampai berdusta atas nama nabi.

      Delete
    2. Cerita itu berjumpa dlm mimpi, dunia mimpi itu semua bisa terjadi, buktinya benarnya adanya kenyataan. Yang dpt melihat cuma beliau kerana itu tugasnya, seperti saidina alkasyah yang melihat dengan mencium pusar nabi ia mendapat jaminan dari nabi masuk surga, kenapa sahabat lain tdk nampak hal itu, kerana itu td, hak seseorang yg diberikan oleh Allah kepada siapa yg dikehendakinya..

      Delete
    3. jadi cerita nabi yusuf bermimpi melihat bintang dan bulan bersujud gmana bisa ia bersujud,, kemudian ulama sepakat mimpi bertemu rasul itu ada. dan apabila kita bermimpi bertemu Nabi Muhammad S.A.W mimpi itu benar adanya.. klo kita pikir2 gmana bisa rasul Sudah lama wafat bisa datang ke kita?? jangan disamakan dengan perjalanan sanad.. ini terlepas dari kita percaya atau tidak.

      Delete
  5. Wallahu a'lam, hanya Allah yang tau.... Kita semua boleh mempercayai atau tidak, numun hakikat kebenaran hanya Allah yang tau.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terlepas benar apa tdk asal muasal serambi Mekkah siapa yang menamai kt harus bersyukur, dan ini harus menjadi semangat dan motifasi utk generasi Atjeh di era sekarang. Ada kemauan mencari manuskrip -manuskrip yang masih tersimpan. Saya haqkul yakin setiap gambar pasti ada diseain nya. dengan demikian insya Allah suatu hari asal muasal Serambi Mekkah tdk lagi simpang siur.

      Delete
  6. Subbhanallah.

    I copy ya..untuk mngakaji ulang sejarah
    ..

    ReplyDelete
  7. melalui penjelasan artikel di atas sangat bertentangan yg notabene muhammad tdk bisa menulis dan membaca. sangat ironi kalo dia (muhammad) menulis surat

    ReplyDelete
    Replies
    1. fhatta
      Bila trbaca nabi yg menulis surat,jgan anda telan mntah² bahwa nabi pandai menulis dan membaca,nabi kita tetap "ummi"
      Ibarat kata Allah ,kami ciptakan langit, jd jgn trbayang Allah ciptakn langit perlukan pembantu,
      Kesimpulan,hal² kecil urus sendiri,kita kn org² trpelajar,mga jelas

      Delete
    2. fhatta
      Bila trbaca nabi yg menulis surat,jgan anda telan mntah² bahwa nabi pandai menulis dan membaca,nabi kita tetap "ummi"
      Ibarat kata Allah ,kami ciptakan langit, jd jgn trbayang Allah ciptakn langit perlukan pembantu,
      Kesimpulan,hal² kecil urus sendiri,kita kn org² trpelajar,mga jelas

      Delete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Cerita demikian saya juga pernah mendegarkannya dan hal ini menyanhkut pengenggelaran serambi mekah.. tetapi yang menjawab nyan bukan Malikussaleh tetapi syeh Abdurahim Rahmani Kutubun wujud Hakibun Mahmud dari Negeri Seunagan tepatnya sekarang Nagan Raya.. benar salahnya Hanya Allah SWT yang Tau...

    ReplyDelete
  10. hahahahahaha nyan ban kha ureng aceh jamen dile.. menye jino ka ipekabeh le jawa/

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. cerita yang agak menarik untuk di baca kembali dr isi ceramah yg katanya dipaparkan oleh tgk. abdul azis syah.
    saya sepakat dengan be2rapa sanggahan yg saudara zand zu bilang,, karena ada kitab (manuskrib) sama saya yg dipaparkan secara panjang lebar tentang asal muasal ACEH disebut "SERAMOE MEUKAH".
    yg ceritanya sangat jaoh berbeda (maaf saya tdk dapat menulisnya di sini karna banyak halamannya).
    Karna dlm sejarah kalo salah kita menyebut nama tokoh sudah tentu salah tahun kejadiannya dan yg lain2 jg ikot salah, sejarah itu singkron pada kejadian.
    "SESUATU YANG DIBANGUN ATAS DASAR YANG SALAH PASTI MELAHIRKAN SALAH JUWA"

    ReplyDelete
  13. Disebutkan dalam ayat lainnya,
    وَمَا كُنْتَ تَتْلُو مِنْ قَبْلِهِ مِنْ كِتَابٍ وَلَا تَخُطُّهُ بِيَمِينِكَ إِذًا لَارْتَابَ الْمُبْطِلُونَ
    “Dan kamu tidak pernah membaca sebelumnya (Al Quran) sesuatu Kitabpun dan kamu tidak (pernah) menulis suatu Kitab dengan tangan kananmu; andaikata (kamu pernah membaca dan menulis), benar-benar ragulah orang yang mengingkari(mu).” (QS. Al Ankabut: 48)

    lalu siapa yang menulis surat itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Irwan mj
      Bila trbaca nabi yg menulis surat,jgan anda telan mntah² bahwa nabi pandai menulis dan membaca,nabi kita tetap "ummi"
      Ibarat kata Allah ,kami ciptakan langit, jd jgn trbayang Allah ciptakn langit perlukan pembantu,
      Kesimpulan,hal² kecil urus sendiri,kita kn org² trpelajar,mga jelas

      Delete
    2. Irwan mj
      Bila trbaca nabi yg menulis surat,jgan anda telan mntah² bahwa nabi pandai menulis dan membaca,nabi kita tetap "ummi"
      Ibarat kata Allah ,kami ciptakan langit, jd jgn trbayang Allah ciptakn langit perlukan pembantu,
      Kesimpulan,hal² kecil urus sendiri,kita kn org² trpelajar,mga jelas

      Delete
  14. ya dialah MEURAH SILEU. atau bila diartikan dalam bahasa indonesia berarti merah silau..
    Coba diteliti kembali arti MEURAH SILEU diartikan Merah Silau? sdgkan MEURAH itu artinya Raja, setelah islam masuk keaceh baru diganti dengan SULTAN, jadi jika Meurah di artikan dalam bahasa indonesia MERAH (Warna) maka perlu dikaji lagi bahasa acehnya

    ReplyDelete
  15. Betul sekali dengan sahabat sahabat yang pro kontra at as sejarah tersebut, median sielu kalau doartikan merah silau waduh visa hancur sepertinya bahasa aceh. Sepengetahuan saga, meurah silu masuk Islam Dan nerganti nama menjadi sultan malikus assaleh. Jadi bahaimana mungkin dia Sudan bisa membaca yang bertulosan Arab sebelum CIA masuk Islam, and a bisa merujik pada buku aceh sepanjang abad. Aceh disebut serambi mekkah karena seluruh orang Yang ingin berhaji harus berkimpul do aceh duly. Baru beranhkat me sana dengan papal laut.

    ReplyDelete
  16. Masih sangat pantas sebutan serambi mekkah utk aceh. Krn tidak jaoh beda moral org aceh dgn mekkah. Rasul diturunkan ke mekkah krn sangat bejad nya org mekkah. Serambi mekkah brrti beda2 tipis lah ama org mekkah.

    ReplyDelete
  17. Lanjutkan diskusinya...
    Aku tak Nyimak..

    ReplyDelete
  18. Kpd yg komentar dan tidak setuju dengan cerita diatas,tolong datangi guru anda dan bilang sama guru anda bagaimana komentar anda tentang cerita ini,lalu apa jawabannya?kalau dia bilang anda pandai dan cerdik niscaya ALLAH tdk memandang itu akn ttpi ALLAH milihat hati dan amalan anda.baru seteguk ilmu masuk kedalam dada mabuknya seperti se ember.udah jelas dirinya islam masih mempersoalkan bagaimana dia bisa islam.

    ReplyDelete
  19. Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.
    Bismillahirrahmanirrahim.
    Maaf sebelumnya,,,,
    Saya mau tanya,,,,
    Siapakah meurah silue,,,
    Mengapa asal muasal keturunanya tidak ikut di bahas dalam masa ini,,,,
    Darimana awal mula nama kerajaan SAMUDRA dan PASAI berasal.
    Trimakasih.
    Wassalam.

    ReplyDelete
  20. SERAMBI itu bahasa melayu/Indonesia.
    Ga usah d'bawa ke mana2 arti "Serambi Mekkah" itu.
    Aceh d'sebut Serambi Mekkah krn dulu setiap Jamaah haji senusantara yg hendak menuju Mekkah selalu "ngumpul" dulu di Aceh baru berangkat ke sana.
    Ga usah aneh2!

    ReplyDelete
    Replies
    1. SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259 ATAU KLIK SITUS DANA GAIB

      Delete
  21. Masyaallah.

    ReplyDelete
  22. Perlu pengkajian lebih lanjut,agar tidak bertentangan dengan Firman Allah dalam Al-Qur'an....!

    ReplyDelete
  23. Ngarang bebas. Mau bikin sejarah palsu gimana. Dulu aceh itu bagus, org2nya rendah hati, skrg ahlaknya rusak banyak orng sombong, iri, dengki, dan orang kasar. Ga percaya, coba saja kesana sbagai pendatang.
    Kata Serambi Mekah jg hanya sebagai awal mula nya kesombongan hinggap di pikiran warganya.

    ReplyDelete
  24. Itu semua karna NKRI aceh jadi rusak


    ReplyDelete
  25. Aceh tetp serambi mekah,,
    Soal kemaksiatan,, bukan diaceh saja,, seluruh dunia

    ReplyDelete
  26. Aceh tetp serambi mekah,,
    Soal kemaksiatan,, bukan diaceh saja,, seluruh dunia

    ReplyDelete
  27. Aceh tetp serambi mekah,,
    Soal kemaksiatan,, bukan diaceh saja,, seluruh dunia

    ReplyDelete
  28. Banyak x yang memberi komentar GX beres disini. Ingat kita punya Allah. Jangan jadikan kita seperti Tuhan ,Solah olah kita yg memberi pahala untuk orang. Begitu juga soal cerita ini. Serahkan kepada Allah. Sok ngomen pke2 nama agama. Seakan akan udah tinggi ilmu. Tuhan aja kalian rugikan. Dasar munafik. Serahkan segala a kpda Allah. Dah habis cerita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak x yang memberi komentar GX beres disini. Ingat kita punya Allah. Jangan jadikan kita seperti Tuhan ,Solah olah kita yg memberi pahala untuk orang. Begitu juga soal cerita ini. Serahkan kepada Allah. Sok ngomen pke2 nama agama. Seakan akan udah tinggi ilmu. Tuhan aja kalian ragukan. Dasar munafik. Serahkan segala a kpda Allah. Dah habis cerita.

      Delete
  29. Saya mohon maaf sebelumnya.


    Didalam Alquran Allah menyebutkan, Tidak ada satupun yg mustahil bagi-Nya.

    Jadi jgn kalian meragukan Nya.

    Terima kasih

    ReplyDelete